Selasa, 07 Maret 2017

KONTRAK KULIAH PENGENALAN PESERTA DIDIK

Kontrak perkuliahan ini merupakan kontrol dan evaluasi dari 3 arah, yaitu: fakultas, dosen dan mahasiswa. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga proses belajar-mengajar berjalan secara optimal.

Penilaian dilakukan berdasarkan Ujian tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran dan unjuk sikap dengan komponen sebagai berikut :

Tugas terstruktur               : 20%
Kehadiran                         : 20%
Presentasi                          : 10%
Keaktifan di kelas             : 15%
UTS                                   : 20%
UAS                                  : 20%

Terkait dengan standar penilaian digunakan system Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil evaluasi dikategorikan sebagai berikut :
Angka Mutu
(skala 0-100)
Angka Mutu
(skala 0-4)
Huruf Mutu
(Skala Kualitatif)
Nilai ≥ 76
4,0
A
71 – 75
3,5
B+
66 – 70
3,0
B
61 – 65
2,5
C+
56 – 60
2,0
C
50 – 55
1,0
D
Nilai <49
0,0
E

Materi yang akan dibahas pada setiap pertemuan perkuliahan Pengenalan Peserta Didik yaitu:


No.
Pertemuan
Pokok Bahasan
1
I
Kontrak Perkuliahan
2
II
Konsep Perkembangan
3.
III
Konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan
4.
IV
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
5
V
Konsep dan Tugas Perkembangan
6
VI
Karakteristik Perkembangan Fisik dan Psikomotorik Masa Remaja serta Implikasinya dalam Pendidikan
7
VII
Karakteristik Perkembangan Kepribadian Masa Remaja serta implikasinya dalam pendidikan
8
VIII
UTS
9
IX
Asumsi dan Dimensi Perkembangan Peserta Didik  
10
X
Perkembangan peserta didik Usia Sekolah Dasar pada aspek fisik, kognitif, persahabatan dan tekanan teman sebaya.
11
XI
Perkembangan peserta didik usia sekolah menengah aspek fisik, kesehatan, kognitif, orientasi seksual dan kenakalan remaja
12
XII
Tahap-tahap perkembangan Peserta Didik
13
XIII
Perkembangan Kecerdasan
14
XIV
Problematika peserta didik dalam pembelajaran pada aspek perkembangan fisik,kognitif, perilaku sosial dan emosional serta implikasi bagi praktik pendidikan dan pembelajaran
15
XV
Perkembangan moral dan spiritual peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan
16
XVI
UAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar